Saturday, October 27, 2007

Apple Leopard 'Menerkam' Tokyo

Update terbaru sistem operasi Apple Mac OS X yaitu Leopard atau Mac OS X 10.5 mulai diluncurkan. Sistem operasi ini akan segera menyambangi toko-toko software di berbagai belahan dunia.

Konsumen di Australia dan Selandia pun Jepang adalah beberapa negara pertama yang 'diterkam' Leopard, nama yang merujuk pada jenis binatang buas ini, tepat pukul enam petang waktu setempat.

Dilaporkan, sekitar 200 orang rela berjubel di distrik Ginza, Tokyo, Jepang untuk jadi pembeli pertama Leopard pada Jumat (26/10) kemarin.Leopard adalah upgrade besar sistem operasi Apple untuk kelima kalinya dan menjadi yang pertama dalam dua setengah tahun terakhir.

Software ini pun akan diinstall di seluruh komputer Apple baru. Apple menandaskan bahwa seluruh komputer Mac yang dijual dalam empat tahun terakhir akan mampu menjalankan Leopard. Demikian juga beberapa komputer yang lebih tua, tergantung dengan konfigurasinya.

Beberapa fitur baru digelontorkan Apple untuk Leopard ini. Fitur baru tersebut termasuk 'Time Machine' yang memungkinkan pengguna 'memanggil' kembali data yang telah terhapus atau versi terawal dari sebuah dokumen. Hal ini karena fitur tersebut secara otomatis mengkopi seluruh data yang masuk ke komputer.Berbagai fitur lainnya termasuk dukungan terhadap huruf Braille .

Juga ada fasilitas 'Quick View' di mana pengguna bisa melihat preview dokumen tanpa harus membuka aplikasi yang relevan dengannya.Meski tak signifikan, sistem operasi Apple disebut-sebut sebagai pesaing sistem operasi produksi Microsoft yang masih mendominasi di pasaran software.

Info ini saya dapat dari http://www.detikinet.com

No comments: